Gali Kisah: Eyang Kakungku Anggota Perdamaian PBB, Pasukan Garuda III ke Congo, Afrika 1962

Aku sebenarnya sudah tahu sedikit tentang eyangku ke Congo di tahun 1962. Tapi setelah itu aku tidak tahu beliau ngapain di sana sebenarnya. Jadi ini mengapa aku ingin mewawancarai Eyangku.

Jadi pada Desember 1962. Eyangku pergi ke Congo menggunakan kapal yang menghabiskan 16 hari. total pasukan 130. Eyangku sampai di kota Albertville di tepi sungai Tangnyika. Dan setelah itu eyangku dan yang lain naik bus ke Kongo.

Lambang TNI AD.png
Logo KSAD
sumber gambar:
Tetapi sebelum itu Eyangku mendapat telegram dari KSAD (Kepala Staff TNI Angkatan Darat) bahwa ada anak perempuan lahir yaitu ibuku dengan nama Wimurti Kusman.

Eyangku di Kongo selama setahun itu eyangku menjaga dua kelompok di Kongo biar tidak rusuh.


Tidak dalam topikku, tetapi eyangku cerita bahwa orang Indonesia di sana memperbaiki mobil yang ditinggal dan kebetulan ada kuncinya. Jadi beberapa orang memperbaiki mobil yang ditinggal dan setelah itu dibawa ke Indonesia.




Setelah selesai, pasukan-pasukan diizinkan untuk membeli scooter Vespa atau yang pangkatnya Djendral dapat membeli mobil Fiat.

Sekian dari cerita eyang kakungku Wim Koesman. Terima kasih sudah membaca.

Refleksi:
Aku senang dan juga keberatan, ternyata foto-foto eyang pada di rumah eyangku dan waktu itu tidak sempat untuk melihat dan ambil fotonya. Ternyata juga tidak ada foto-foto waktu eyang masih di tentara. Tetapi aku senang karena ternyata seru juga perjalanan eyangku waktu ke kongo.



Comments

Popular posts from this blog

Akibat rotasi dan revolusi Bulan terhadap Bumi

Tantangan #07 #eksplorasi #klubOASE Wawancara Pedagang Beras Dan Pemilik Penggilingan Padi

Dari Pramugari, Menjadi Ibu Rumah Tangga, Tiga Anak Homeschooling.