Mengenal Lebih Banyak Tentang Luwak

Hai semua, aku di tulisan ini kita akan mengenal lebih banyak tentang luwak. Luwak itu adalah sejenis Mamalia yang hidup di Asia Seperti nama latinnya Asian Palm Civet. Asia lebih specific Asia Tenggara.

Luwak pertama kaliku lihat ada di Magelang dekat Candi Pawon ada sebuah Cafe yang sebelumnya ternak, aku sampai sana dengan keluargaku kami pertama melihat biji/kotoran yang sedang dijemur setelah dicuci.

Setelah melihat itu semua kami ke belakang dan melihat 4 Luwak dikurung yang didisplay. Yang satu masih dalam kondisi liar, tapi yang sisa sudah dijinak. Beberapa menit kemudian datang yang punya cafenya, kami diceritakan, saat Luwaknya belum dijinak dan masih liar meraka pergi ke hutan untuk mencari kotorannya. Tapi setelah mereka dapet 1 Luwak mereka memelihara 1 dulu. Nanti mereka nyari makan sendiri seperti buah kopi dan daging.

Setelah itu kami dikasih kopi dua jenis, Robusta dan Arabica. Aku coba kedua kopi, dan menurutku kalau mau dapat taste kopinya ada di Robusta.

Proses membuat Kopi Luwak

Luwak akan makan banyak sampai mereka akan membuang kotorannya, setelah mereka sudah banyak mengeluarkan kotorannya, kotoran tersebut dicuci setelah itu dikeringkan, setelah kotoran sudah kering digiling pakai mesin jadi bubuk, dan menjadilah bubuk kopi luwak.



Comments

Popular posts from this blog

Akibat rotasi dan revolusi Bulan terhadap Bumi

Tantangan #07 #eksplorasi #klubOASE Wawancara Pedagang Beras Dan Pemilik Penggilingan Padi

Dari Pramugari, Menjadi Ibu Rumah Tangga, Tiga Anak Homeschooling.