Perjalanan Garut Bersama Teman-Temanku #2

Januari 20 5:00.
Yang muslim sholat Shubuh, dan setelah sholat sarapan, setelah sarapan kami dipanggil Ummi untuk bekerja dan belajar.

kami Belajar membuat Bekong, cara membuat Bekong, pertama ambil daun pisang, setelah itu potong kecil tapi jangan terlalu kecil nanti dibentuk seperti ini
Bekong sudah diisi tanah
Setelah dibentuk diisi tanah seperti foto diatas. Setelah mengisi tanah kami dikasih bibit oleh Ummi, dan ia juga bilang ada 4 jenis Bibit, bibit pertama adalah bibit warisan, bibit warisan seperti namanya, bibit yang diwariskan. Bibit kedua adalah bibit lokal, bibit ini didapatkan di tanaman sekitar Indonesia. Bibit ketiga adalah bibit Hybrid atau Hibrida, bibit ini pertama disilangkan di Laboratium setelah itu di jual. Bibit terakhir adalah bibit GMO (genetically modified organism), bibit ini yang paling bahaya karena tidak terlalu jelas, bibit ini seperti bibit Hybrid disilangkan di laboratium setelah itu disilang lagi, jadi bahaya.

Kami selesai membuat Bekong, setelah itu kami memanen Ganyong dan Garut, Garut dan Ganyong adalah semacam umbi-umbian. Setelah kami selesai memanen Ganyong dan Garut yang muslim bentar lagi sholat Jum'at kecuali aku karena aku ingin membantu mencuci Ganyong dan Garut.

Setelah kami mencuci Ganyong dan Garutnya, Ganyong dan Garutnya diparut dan di potong lebih kecil karena mau diblender. Setelah diblender, blenderan Ganyong di masukan ke kain dan diperas.

Setelah selesai, cairan dari Ganyong dimasak, diapi, sampai mendidih dan mengental. Cairan tersebut di dituang ke loyang agar dingin. Tetapi sayang sekali, yang dibikin ini gagal. Gagal tapi setelah itu kami merdeka, ada yang tidur siang, ada yang membuat Logbook, dan mungkin ada yang ngobrol dengan anak-anak santri.

perempuan mampir ke tempat laki-laki tidur, untuk bermain kartu dan ToD (Truth or Dare). Setelah itu sholat Maghrib dan makan malam, main lagi sebentar, setelah itu tidur.

Comments

Popular posts from this blog

Akibat rotasi dan revolusi Bulan terhadap Bumi

Tantangan #07 #eksplorasi #klubOASE Wawancara Pedagang Beras Dan Pemilik Penggilingan Padi

Dari Pramugari, Menjadi Ibu Rumah Tangga, Tiga Anak Homeschooling.