Oase Ekplorasi Artikel "Ketela"

Di artikel ini aku akan membahaskan tentang Ketela atau Umbi-Umbian. Setelah aku dan teman-teman Eksplorasiku ke Rumah Ketela, aku mau membuat artikel tentang Ketela/Umbi-Umbian.

Di Rumah Ketela kami belajar banyak hal tentang Ketela/Umbi-Umbian. Ada banyak jenis Umbi-Umbian seperti ubi, ubi ungu, talas, suwek, dan masih banyak. Kami di ceritakan sebelum nasi ternyata makanan pokok sebelum nasi adalah Ketela/Umbi-Umbian.

Bapak menceritakan Waktu Gunung Merapi di Jogja meletus makanan yang tersedia adalah Indomie. Dan ia bercerita bahwa Indomie bisa bikin stress, karena nasi tidak ada mengapa tidak mempakai Umbi-Umbian, karena semburan lavanya kena padi, mengapa tidak memakai Umbi-Umbian, karena kan mereka tumbuh dalam tanah dan kata bapak itu pikiran kita sudah terjajah sama makanan impor.

 Di sana mereka tidak memakai tepung terigu karena mereka tidak mau memakai Gluten. Mereka memakai tepung Mocaf (modified cassava flour) jadi mereka tidak memakai Gluten.

 Mereka membuat Es krim, Egg roll, agar, DLL untuk di jual. Mereka dengan senang hati membolehkan kami untuk ngeroll Egg Rollnya.

 Mereka membuat tepung Mocaf dengan mesin Step (Penggiling) mesinnya, mesin honda 4 stroke/tak. Kami dikasih tahu bagaimana bekerja, kami ke hutan untuk melihat pohon-pohon ketela.

Produk-produk mereka memakai bahan lokal dan Halal bagi umat Muslim. Saya mencoba makan Es Krim, Es Krimnya ada dua rasa. Rasa Jagung dan Ubi Ungu. Kalau Eskrim biasanya lembut kalau ini ada sedikit bubuk yang belum tercampur.

Ini sekian dari artikelku tentang Ketela.

Comments

Popular posts from this blog

Akibat rotasi dan revolusi Bulan terhadap Bumi

Tantangan #07 #eksplorasi #klubOASE Wawancara Pedagang Beras Dan Pemilik Penggilingan Padi

Dari Pramugari, Menjadi Ibu Rumah Tangga, Tiga Anak Homeschooling.