Tantangan #04 #eksplorasi #klubOASE

Ini adalah #tantangan04 #eksplorasi #klubOASE:

#tantangan04: Setiap orang akan mendapat sebuah klip kertas. Adik-adik diminta menukar klip kertas tersebut dengan barang lain dari orang yang tidak dikenal sebelumnya. Lakukan eksperimen hingga adik-adik berhasil menukar klip kertas tersebut menjadi barang lain ke-1. Lalu adik-adik boleh melanjutkan untuk menukar barang lain ke-1 menjadi barang lain ke-2 dst. Sebanyak yang adik-adik mampu. Tentu adik-adik perlu menyusun strategi untuk mencapai tujuan dari tantangan di atas. Diskusikan strategimu dengan teman kelompokmu. Perhatikan juga tentang keamanan dan kesantuan ketika berhubungan dengan orang yang tidak dikenal. Beberapa hal yang perlu direncanakan antara lain:

    Cari LOKASI yang adik-adik bisa bertemu orang yang tidak dikenal yang mungkin mau diajak bertukar barang

    Tentukan WAKTU untuk melakukan eksperimen tersebut
    Rencanakan APA yang akan sampaikan kepada orang yang akan diajak bertukar barang
    Lakukan eksperimen bersama dengan teman sekelompokmu. Bila tidak memungkinkan, boleh mengajak teman sebaya lain yang bukan peserta eksplorasi untuk menemani, sepanjang bukan orang dewasa. Orang dewasa hanya diijinkan mengawasi dari kejauhan bila diperlukan.
    Adik-adik tidak perlu merekam saat bertukar barang. Mohon ijin bila adik-adik ingin memotret orang yang diajak bertukar barang. Hasil yang diharapkan adalah JURNAL REFLEKSI, yang menceritakan:
    Dimana dan  kapan kamu melakukan eksperimen. Jelaskan alasanmu memilih tempat dan waktu tsb
    Siapa yang menemani kamu melakukan eksperimen?
    Apa alasanmu memilih orang yang diajak bertukar barang?
    Apa yang kamu sampaikan kepada orang yang diajak bertukar barang?
    Apa reaksi orang yang diajak bertukar barang?
    Apa barang hasil pertukaran yang kamu dapat?
    Jawab pertanyaan no. 3-6 sesuai jumlah orang yang kamu ajak bertukar barang
    Bagaimana perasaanmu ketika melakukan eksperimen?
    Apa pelajaran/hikmah yang kamu dapat dari eksperimen ini?

Pada hari Rabu tanggal 31 Agustus, saya dan 16 anak yang tergabung di Eksplorasi berkumpul setelah kegiatan Pramuka. Pada hari itu kami diberi tantangan yang saya sebut di atas. Kami diberi klip kertas oleh kak Shanty untuk ditukarkan dengan barang apa saja. Kak Shanty bertanya, siapa yang mau coba? Saya mengangkat tangan dan saya yang di pilih oleh kak Shanty. Kak Shanty meminta saya untuk bertukar dengan salah satu orangtua anak homeschooling di Klub Oase yang belum saya kenal. Hari itu memang ada beberapa orangtua anak homeschooling yang baru datang untuk pertama kalinya ke Klub Oase. Reaksi ibu itu terkejut tapi dia tetap mau menukar dengan saya. Saya bertukar dengan satu ibu. Ibu itu memberi saya satu botol kecil minyak kayu putih yang sudah setengah habis. Saya merasa senang sekali karena telah berhasil mencoba tantangan kak Shanty. Karena ini hanya percobaan, minyak kayu putih itu saya tukarkan lagi dengan klip kertas untuk dicoba di luar. 

Lalu kami ke luar mencoba tantangan tersebut. Saya dan dua teman saya ke mini market bernama Kiosk yang berada sekitar 100 meter dari Rumah Inspirasi. Mengapa saya ke sana? karena teman-temanku dan saya sering ke sana tapi mas itu tidak pernah kenal dan saya temui sebelumnya. Saya pergi bersama dua orang teman saya yaitu Difi dan Andro. Saya mendapatkan pensil 2B bermerek Faber Castell yang sudah terpakai dan teraut. Ketika saya menukar klip kertas itu, reaksi mas tersebut cukup terkejut karena kami bertiga melakukan hal yang sama kepadanya. Ketika saya menukarkan klip kertas saya mengatakan: "Aku ada tugas sekolah dan aku harus menukar klip kertas ini dengan barang yang mas punya". Saya mendapatkan pensil ini dari seorang laki-laki yang kerjanya menjadi kasir di mini market tersebut, dan mungkin umurnya 28 tahun, tinggi, dan bernama Alakai. Saya merasa senang karena tantangan sudah selesai dan berhasil menukar dengan orang asing. Ketika saya melaporkan keberhasilan saya kepada kak Shanty, kak Shanty minta saya untuk mencoba lagi di sekitar rumah saya di Cilegon. 

Sesampainya di rumah, pada hari Sabtu, saya mencoba untuk menukar pensil itu. Saya pergi sendiri mendatangi sebuah warung rokok sekitar 100 meter dari rumah saya. Mengapa aku ke sana? Karena saya belum tahu kalau warung itu ada saya ke sana dan ketemu dengan tempat tersebut. Yang saya tidak pernah sekali pun ke sana. Saya di sana menanya ke mba mau tukar barang. Setelah saya bilang itu reaksi mba itu cukup bingung apa yang dia mau kasih kepada saya. Dari warung itu saya mendapatkan permen FOX'S sebanyak empat buah. Saya mengatakan hal yang persis sama dengan yang saya katakan dengan orang di mini market Kiosk pada hari Rabu. Saya mendapat permen itu dari seorang perempuan sekitar 18 tahun, bertubuh pendek, dan kira-kira ia murid SMA.

Pelajaraan yang saya dapat dari tantangan ini adalah:
1. Belajar bersosialisasi dengan orang lain yang belum pernah saya kenal sebelumnya.
2. Belajar untuk berani ke tempat yang belum pernah saya datangi sebelumnya.
3. Belajar untuk bersopan santun ke pada orang yang belum pernah dikenal.

Ini fotonya
Pensil yangku dapet

Permen yang aku dapet setelah menukar pensilku


Comments

Popular posts from this blog

Akibat rotasi dan revolusi Bulan terhadap Bumi

Tantangan #07 #eksplorasi #klubOASE Wawancara Pedagang Beras Dan Pemilik Penggilingan Padi

Dari Pramugari, Menjadi Ibu Rumah Tangga, Tiga Anak Homeschooling.