Satelit Cuaca dan Atmosfir

PR ini tentang Atmosfir yang ada di dua video ini, video satu dan video dua

Video satu:
Ada dua macam satelit cuaca, yaitu:

  • Satelit Geostationary, atau disingkat GOES. Geo artinya Bumi, stationry artinya tidak bergerak. Satelit ini terletak di atas katulistiwa dan berputar berlawanan arah jarum jam dengan kecepatan yang sama dengan kecepatan Bumi berputar. Pengamat seperti melihat satelit itu tidak bergerak karena berada di tempat 24 jam 7 hari dalam seminggu. Ahli cuaca memakai GOES untuk memonitor sistem badai terus-menerus. Karena letak Bumi yang cekung, GOES tidak dapat menjangkau kutub. Karenanya perlu satu satelit lagi. 
  • Satelit Polar Orbitirs (pengorbit kutub) atau disingkat POES yang mengelilingi Bumi di daerah kutub.   

Video dua:
Atmosfir adalah lapisan udara yang mengelilingi Bumi. Lapisan Atmosfir terdiri dari 79% gas Nitrogen dan 21% Oksigen. Atmosfir memiliki lima lapisan yaitu:

  • Troposfir 
  • Straosfir
  • Mesosfir
  • Thermosfir 
  • Eksosfir. 

Troposfir merupakan lapisan udara paling bawah dari lapisan Atmosfir. Pada lapisan ini terjadi proses pembentukan kejalak cuaca seperti awan, hujan dan angin.

Stratosfir adalah lapisan udara menunjukan perubahan temperature yang kecil kearah vertikal. Lapisan ini meradapakan dan ketinggian 15-55 kilometer. Pesawat terbang pada lapisan Startosfir karena lapisan itu sudah tidak lagi terpengaruh oleh unsur-unsur cuaca. Pada lapisan ini juga terdapat lapisan ozone. yang berfungsi sebagai pelindung dari radiasi sinar yufi Matahari.

Lapisan Mesosfir berada pada ketinggian 50-80 kilometer. Lapisan ini berfungsi untuk memantulkan gelombang radio. Meteor juga terbakar dan terurai pada lapisan ini.

Thermosfir merupakan lapisan udara dengan ketinggian sekitar 80 kilometer. Lapisan bagian bawah dari Thermosfir disebut dengan Ionosfir. Pada lapisan terjadi proses ionisasi yang menyebabkan terkumpulnya proton dan elektron. Pada lapisan ini juga terdapat fenomena sinar kutub atau Aurora.
Lapisan yang terakhir adalah Eksosfir yang merupakan batas antara Atmosfir Bumi dengan Angkasa Luar. Lapisan ini juga merupakan jalur edar satelit-satelit baru manusia.    

Comments

Popular posts from this blog

Akibat rotasi dan revolusi Bulan terhadap Bumi

Tantangan #07 #eksplorasi #klubOASE Wawancara Pedagang Beras Dan Pemilik Penggilingan Padi

Dari Pramugari, Menjadi Ibu Rumah Tangga, Tiga Anak Homeschooling.