Planet Jovian atau Planet Gas

Planet-planet Jovian yang merupakan planet-planet raksasa yang mengandung gas urutannya dari matahari adalah Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Planet-planet gas raksasa itu mengandung atmosfir gas yang sangat besar dan dalam yang kandungannya sebagian besar adalah Hidrogen dan Helium. Gas-gas itu tidak memeliki permukaan untuk bersandar. Raksasa-raksasa gas tersebut sangat besar dan dingin.

Jupiter
Jupiter adalah planet terbesar di sistem tata surya. Berat Jupiter itu lebih dari ketujuh planet di jika digabungkan.  Jupiter juga memiliki tingkat gravitasi yang terbesar sehingga kita akan merasa berat kalau di sana. Jupiter berputar di sumbunya tercepat di antara keseluruhan planet, waktu berputarnya di bawah sepuluh jam. Angin di Jupiter bisa mencapai 540 k/jam. Jupiter memiliki lebih dari 60 bulan di orbitnya. Badai tampak sebagai titik putih dan merah diantara batas awan. Badai yang terkenal namanya Titik Merah Besar. Ilmuwan percaya bahwa badai berlangsung selama sekitar 150 tahun

Saturnus
Saturnus adalah planet terbesar kedua planet ini terbuat dari hidrogen dan helium. Saturnus paling terkenal karena memiliki cincin yang mengelilingi garis Katulistiwa. Jika diamati lewat teleskop, kelihatan ada cincinnya. Cincin-cincin itu adalah sisa dari tabrakan Saturnus dan bulan-bulannya dengan komet dan asteroid. Saturnus memiliki total 60 bulan. Kepadatan rata-rata Saturnus kurang dari kepadatan air; artinya jika Saturnus kita letakkan di kolam yang sangat besar berisi air, maka Saturnus bisa mengambang.

Uranus
Atmosfir Uranus terdiri dari hidrogen dan helium. Uranus juga mengandung gas methane yang menyerap sinar merah yang membuat Uranus berwarna biru-hijau. Sumbu rotasi dari Uranus miring 98 derajat, artinya planet miring ke arah matahari. Uranus memakan waktu selama 84 tahun untuk mengelilingi matahari. Uranus memiliki 27 buah bulan dan juga memiliki sistem cincin seperti Saturnus. Cincin-cincin itu mengelilingi garis katulistiwanya.

Neptunus
Neptunus adalah planet yang paling jauh dari matahari. Sinar matahari di Neptunus 900 kali lebih redup dibandingkan dengan sinar matahari di Bumi. Rata-rata satu hari di Neptunus adalah 16 jam 6 menit dan 36 detik. Karena Neptunus adalah planet gas berberapa daerahnya tidak berotasi dengan rata mengelilingi matahari. Atmosfir dari Neptunus terdiri dari hidrogen dan helium dan juga mengandung gas methane yang menyerap sinar merah dan memantulkan warna biru.

Aku dapat pengetahuan ini dari sini.

Comments

Popular posts from this blog

Akibat rotasi dan revolusi Bulan terhadap Bumi

Tantangan #07 #eksplorasi #klubOASE Wawancara Pedagang Beras Dan Pemilik Penggilingan Padi

Dari Pramugari, Menjadi Ibu Rumah Tangga, Tiga Anak Homeschooling.