Nebula, 8 fakta

Fakta tentang Nebula.

1.Nebula adalah campuran dari gas-gas hidrogen dan helium, juga debu dan plasma

2. Gambar-gambar indah dari Nebula yang dipantulkan oleh telescope Hubble sebetulnya adalah tiga rangkaian yang berbeda dari sinar hitam dan putih, yang dicampur dan diwarnai oleh ilmuwan
untuk menciptakan warna cemerlang yang kita lihat di majalah dan televisi. (Lapisan warna itu digambar sesuai dengan komposisi dari gas-gas yang berbeda yang membentuk Nebula.)

3. Nebula itu bahasa Latin yang berarti "awan" tapi sesungguhnya Nebula adalah luar angkasa. Secara berbeda Nebula juga berarti "embun", sangat sesuai karena penampilan Nebula yang berbeda kadang-kadang tampak seperti awan dari embun.

4. Galaksi Andromeda pernah dikira Nebula sebelum ahkirnya dibuktitan oleh Edwin Hubble di tahun 1920an bahwa Andromeda sebenarnya hanyalah galaksi tersendiri. Sebelumnya orang mengira galaksi lain adalah Nebula dan alam semesta hanya ada galaksi Milky Way (Bima Sakti). 

5. Kalau kamu melihat baik-baik, kita dapat menlihat Nebula Orion dekat dengan sabuk Orion, yang tampak seperti satu titik yang kecil melalui mata telanjang padahal panjangnya enam puluh tahun cahaya (1 tahun cahaya =  63.240 AU. Atau 64.240  AU x 149 juta km.)

6. Ada dua cara bagaimana nebula berbentuk. Nebula adalah hasil dari satu bintang raksasa atau si kerdil putih yang menuju ke supernova. Nebula kepiting dibentuk oleh supernova di tahun 1054. Tahun itu dicatat berbagai kebudayaan di waktu itu; saat orang menyaksikan Nebula Kepiting sulit untuk dipercaya bahwa banyak orang dapat menyusuri jejak nenek moyang mereka yang sudah lama sekali. Nebula Kepiting dan Nebula-nebula lain adalah contoh bahwa alam semesta kita selalu berubah. Cara lain pembentukan Nebula adalah ketika gas dan debu angkasa luar (di kenal dengan interstellar medium) menjadi padat, akhirnya di tarik oleh gravitasi. 

7. Bintang dapat lahir di dalam Nebula, seperti Pulsar Kepiting yang berada di dalam Nebula Kepiting. Pulsar Kepiting adalah Bintang sangat muda dan kecil yang menmancakan gelombang radio. karena sifatnya yang unik, perubahan di Nebula Kepiting dapat disaksikan dalam hitungan hari (1). Waktu ini relatif singkat dibandingkan dengan umur dan pertumbuhan dari benda-benda angkasa luar. 

8. Nebula Mata Kucing, sebuah Nebula Planet dikenali pada gambar karena warnanya yang jelas dan sekilas mirip dengan bentuk mata. Nebula Planet adalah pancaran Nebula dan sering terbentuk di awal si kerdil putih. 


Artikal ini aku terjemahkan dari sini.   

Comments

Popular posts from this blog

Akibat rotasi dan revolusi Bulan terhadap Bumi

Tantangan #07 #eksplorasi #klubOASE Wawancara Pedagang Beras Dan Pemilik Penggilingan Padi

Dari Pramugari, Menjadi Ibu Rumah Tangga, Tiga Anak Homeschooling.