Daur Hidup Bintang

Aku dapat penjelasan tentang daur hidup bintang dari sini. Videonya singkat tapi jelas. Aku akan coba menuliskan apa yang ada di video.



Gravitasi menekan debu di luar angkasa. Lalu debu di luar angkasa mengecil. Ada banyak atom gas Hidrogen di awan yang merupakan debu di luar angkasa. Gravitasi menyebabkan panas tinggi lalu menyebar di atom gas Hidrogen dan terjadilah peleburan nuklir, dan atom gas Hidrogen kini menjadi gas Helium. Sekarang gravitasi yang mendorong dari luar bintang sama dengan energi dari peleburan nuklir yang mendorong dari dalam; dan lahirlah bintang.

Miliyiaran tahun dari sekarang Matahari akan kehabisan gas Hidrogen, dan mengembang menjadi raksasa merah, dan menelan planet-planet di sekitarnya. Tapi Matahari kita itu sangat kecil jadi Matahari akan menyusut menjadi si Kerdil Putih (White Dwarf). Setelah beberapa tahun si Kerdil Putih akan berkembang menjadi si Kerdil Hitam (Black Dwarf). Tapi kalau bintang itu sangat besar ia tidak menyusut menjadi si Kerdil Putih. Ia akan meledak menjadi Supernova yang meninggalkan inti yang padat yang di sebut Bintang Neutron. Kadang-kadang Bintang Neutron akan menjadi Lubang Hitam (Black Hole). Setelah miliyran tahun Lubang Hitam akan menguap dan hilang. Tapi Nebula planet akan tertinggal dari Supernova yang meninggalkan tempatnya untuk kelahiran sistem Tata Surya berikutnya.

Comments

Popular posts from this blog

Akibat rotasi dan revolusi Bulan terhadap Bumi

Tantangan #07 #eksplorasi #klubOASE Wawancara Pedagang Beras Dan Pemilik Penggilingan Padi

Dari Pramugari, Menjadi Ibu Rumah Tangga, Tiga Anak Homeschooling.